Pages

Tuesday, November 17, 2009

hobby masak... dan lumpia

You must be wondering, why are the latest posts always about foods? Hehehe... Well, since I've gone back, my time's pretty much free all the time. Yah secara, pengangguran gini lho. So, ga ada kegiatan-kegiatan berarti lainnya selain makan.

Lately, I've been doing one of my hobbies again, which is cooking. Sekedar informasi sih, I'm only cooking when I feel like it, when I had some free time, or when I need a break, to relax, and when feeling a bit experimental. Biasanya aku lebih sering memasak makanan yang berjenis cemilan, seperti cakes, cookies, gorengan, etc. , walau kadang-kadang juga memasak masakan rumahan untuk lauk nasi. Tapi berhubung di rumah orang tua sudah ada asisten untuk memasak masakan rumah, jadi aku sekarang bikin yang cemilan-cemilan aja.

When I talked with my sister-in-law that I want to do some cooking, dia setuju-setuju aja. Secara dia juga agak doyan masak. Eksperimen pertama kita, bikin lumpia. Katanya dia memang lagi pengen makan lumpia. Foto lumpia goreng disini sudah bikinan kedua, bukan eksperimen yang pertama kali, kita memang sengaja bikin lagi karena ada permintaan dari saudara, minta dikirimin lumpia hahaha.

Isi lumpia ku berisi irisan rebung, wortel, kacang toge, minced meat (terserah mau daging apa, disini aku pakai minced beef, atau chicken supaya semua orang bisa menikmati), ebi kering yang sudah dipotong kecil-kecil.Apa lagi yah? Lupa. Hahaha. Bikinnya sudah berhari-hari yang lalu sih. So anyway, ditumis dgn standar dan kecap-kecap jadinya seperti ini.

isilumpia


Setelah ditumis, mempersiapkan kulit. Kulit untuk lumpia goreng, beli aja di supermarket, kulit spring roll. Ada yang besar, ada yang kecil. Pertama bikin besar, jadi lebih panjang, tapi yang kedua kalinya ini kami coba pakai kulit yang kecil yah, biar jadi lumpia mini ^^.

lipatlumpia01

lipatlumpia02

lipatlumpia03

lipatlumpia04



lipatlumpiafinal


Kulitnya direkatkan memakai tepung kanji yang dicampur air sedikit.
Kurang lebih jadinya begini deh. Tinggal digoreng aja.

lumpiagoreng

Kalau lumpia basah, kulitnya bikin sendiri, dari campuran telor. Nah kalau kulitnya sih, yang bikin bukan saya ^^. Asisten Mbok Sum yang bikin.

kulitlumpiabasah

Cara ngerollnya sama, cuma ga perlu diapa-apain lagi, tinggal roll aja. Ga perlu digoreng, sudah siap makan ^^.
lumpiabasah

2 comments:

Herrotzky said...

mau dikirimin jg donkkkkkkkkkk...

suhu said...

membaca posting seperti ini di tengah kegelapan malam adalah keputusan yang kurang bijak.

*turun cari warung*

Post a Comment